Game Mobile Legends
Sumber gambar: facebook.com


Salam para orang tua yang sayang pada buah hatinya, salam hormat dari saya pribadi dan izinkan saya untuk berbagi Opini saya tentang Apa saja yg akan terjadi apabila Anak anda bermain Game Mobile Legends.


Akhir-akhirini Mobile Legends sedang banyak dibicarakan di beberapa Sosial Media, sebut saja pemenang penghargaan Indonesian Choice Awards kemarin untuk Digital Persona of the year siapa? Jess No Limit (Player Mobile Legends) mengalahkan creator konten lain di YouTube, di Facebook? WhatsApp? saya yakin anda pasti pernah melihat teman anda sedang posting game yang satu ini atau mungkin anda sendiri yang posting game ini? bahkan game ini pernah menduduki #no1 game terpopuler di Google Play Store. Sehingga banyak orang dari berbagai kalangan dari dewasa sampai anak-anak penasaran lalu mendownload game yang satu ini Apakah anda termasuk? Tau apa saja dampak dari memainkan game ini untuk Anak-anak?


Sebelumnya apakah anda tau umur berapa saja yang termasuk golongan Anak-Anak? menurut WHO yang termasuk golongan Anak-anak yaitu ketika seseorang berumur antara 0-17 tahun tetapi yang saya maksud anak-anak pada artikel ini adalah usia 0-12 tahun atau pada saat masih Sekolah Dasar, usia 13-17 saya anggap sudah remaja. Dan pada masa tersebut anak-anak sedang berada dalam fase Play Stage & Game Stage/Meniru & Mengaplikasikan. Anak akan meniru apa saja yang dia lihat dan dia dengar dengan kata lain fase ini berdampak besar dengan seperti apa besarnya ia kelak. Saya yakin orang tua manapun tidak akan mau bila anaknya meniru hal-hal yang kurang baik, baik itu perkataan maupun tindakan/tingkah laku Anak anda.


Danberikut ini merupakan Dampak dari memainkan game Mobile Legends Bang Bang untuk Anak-Anak


  1. Melatih Komunikasi Anak
    Alasan: dikarenakan game ini online, maka komunikasi tentu ada di game ini, anak anda bisa berkomunikasi dengan teman 1 tim nya ataupun lawannya.Dan saat Mabar/Main Bareng dengan temannya, ia berkumpul dengan teman-temannya dan tak jarang mereka menemukan teman baru karena game ini.
  2. Melatih Kerja Sama Tim Anak
    Alasan: dikarenakan game ini PvP 5v5/5 pemain vs 5 pemain jadi di game ini 5 orang melawan 5 orang yang salah satunya adalah Anak anda, mereka dikelompokan menjadi 2 tim dan tugas dari setiap kelompok adalah menghancurkan markas/base tim musuh. Dan untuk memenangkan game ini Kerja sama itu Wajib, anak anda akan belajar menghargai cara berfikir orang lain, belajar mendengarkan orang lain, belajar menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan kelompoknya, belajar memimpin serta belajar dipimpin di tim.
  3. Mengasah Cara Berfikir Anak
    Alasan: dikarenakan game ini sudah termasuk e-Sport (olahraga online) sama halnya kalau kita main Catur tapi bedanya ini online, di game ini anak anda juga diwajibkan berfikir mengenai Meta/Strategi apa yang harus di pakai agar dia menang, kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan.
  4. Mengarahkan Anak Untuk Berfikir Porno
    Alasan: banyak dari karakter Mobile Legends Bang Bang yang berpenampilan sexy bahkan fulgar seperti belahan dada, paha, dan lain-lain. Sebut saja Natalia, Odette, Miya, dan lain-lain. Secara tidak langsung otak anak anda akan terdoktrin dengan hal-hal yang negativ tersebut. Anak anda akan mencari tau lebih lanjut tentang hal itu dan akhirnya mengetahui apa yg seharusnya belum ia ketahui.
  5. Mengajarkan Bahasa Kasar & Umpatan kepada Anak
    Alasan: dikarenakan game ini dalam memilih lawan & tim sesuai dengan Rank/tingkatan pemain, maka anak anda bisa saja satu tim dengan orang dewasa yg bisa saja berbicara kotor kepada anak anda kalau tim dia kalah, seperti yang sudah dijelaskan pada no 2 tadi kalau game ini kerja sama itu wajib. dan apabila Anak anda sedang belajar kerjasama dan ada teman satu tim nya yang ngata-ngatain dia tidak bisa bekerja sama dengan kata-kata "Goblok! gak bisa main jangan main!" bahkan saya kerap menemui pemain Mobile Legends yang mengumpat dengan kata-kata alat kelamin manusia, dan lain-lain. bayangkan anak anda satu tim dengan anak lain, anak lain tersebut merupakan korban umpatan dari pemain lain dan menirunya kepada anak anda, anak lain tersebut mengumpat kepada anak anda. dan anak anda akan belajar hal tersebut dan akan menirunya kepada anak lain. dan ini akan terus berlanjut.
  6. Membuat Anak Lupa Waktu
    Alasan: 1 kali battle/pertandingan game ini rata-rata 10-15 menit. bahkan bisa lebih lama, silahkan cek beberapa pertandingan Mobile Legends di YouTube dan cek berapa menit pertandingannya. dan apakah cukup hanya 1 pertandingan anak anda sudah cukup? saya rasa belum namanya juga anak-anak belum bisa bertanggung jawab dengan waktu, coba tanyakan anak anda atau bahkan anda sendiri berapa kali pertandingan ia bermain dalam satu hari, bahkan ada juga yang sampai lupa dengan kewajibannya seperti ibadah & belajar.
  7. Mengajarkan Anak Anda Kebiasaan Menabung
    Alasan: game ini merupakan game dengan sistem Pay to Win (bisa membeli item/yang lain dengan uang sungguhan untuk mencapai kemenangan) dan nominalnya bukan main-main, 50 ribu ke atas. Anak anda akan menyisihkan sedikit demi sedikit uangnya untuk mendapatkannya.

Itu tadi merupakan 7 dampak bermain Mobile Legends untuk Anak oleh #REVByaji. Apakah itu baik atau buruk? itu tergantung Anda para orang tua, Anda yg tau mana yang baik untuk dan mana yang buruk untuk Anaknya.


Saya tidak bermaksud untuk menyudutkan salah satu pihak baik Mobile Legends, Orang Tua, ataupun Anak itu sendiri. Saya sendiri bermain game ini dan saya mengapresiasi game yg luar biasa ini karena telah mengambil banyak hati orang hingga anak-anak, tetapi buat anak-anak sebelum mendownload sebuah game coba dilihat game tersebut itu ditujukan untuk usia berapa?


batasan usia bermain mobile Legends


kamu sudah boleh memainkannya tidak? di Google Play Store ada kok penjelasan usia berapa saja yang boleh memainkan game ini, kalau belum sesuai usianya cari game lain yang sesuai dengan usia kamu ya.


Pesanku untuk orang tua yang sayang pada Anaknya, dampangi anak anda jika bermain game, tidak semua game ditujukan untuk anak-anak. bahkan game yang memang untuk anak-anak pun iklan didalamnya gimana? iklannya bisa saja Bigo Live,dll.


"Anak-anak merupakan aset berharga untuk Indonesia, penerus bangsa kelak. menjaga penerus bangsa sama dengan menjaga bangsa itu sendiri." - REVByaji

Share ke